wisata pelang merakurak tuban
Phoro by @sinta_ariska17

Pelang Merakurak Tuban

Posted on

Pigunigu – Tuban seperti tak mau ketinggalan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia dengan menghadirkan obyek wisata baru sederhana tetapi menjadi destinasi liburan yang asyik bagi masyarakat Tuban. Inilah wisata baru di kawasan Pelang, Merakurak. Sebenarnya tempat wisata itu bernama “Kebun Sagu Pelang”, tetapi lebih dikenal dengan sebutan wisata Pelang Merakurak.

Tempat wisata ini hadir dengan konsep yang memadukan antara kebun Sagu dengan taman sungai. Jadi, di sana kamu dapat menikmati rindangnya suasana di perkebunan Sagu dan juga dapat menyaksikan panorama taman sungai yang cukup menawan.

Ini merupakan salah satu program desa wisata yang diadakan oleh pemerintah setempat. Kesadaran masyarakat desa akan manfaat hadirnya tempat wisata menjadi faktor utama terciptanya tempat yang menarik untuk didatangi wisatawan. Hadirnya wisata baru ini tentu dampaknya sangat positif, terutama dalam membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

panorama pohon sagu di wisata pelang merakurak
Photo by @dian.rohma

Semakin banyak pengunjung yang datang, maka semakin besar potensi untuk menumbuhkan perekonomian warga. Banyak warga yang memanfaatkannya dengan berdagang makanan maupun jajanan, membuka jasa sewa ban pelampung yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin berenang dan bermain air.

pemandangan dan suasana liburan di wisata pelang merakurak
Photo by @ayu_dyah_lestary

Tempat wisata Pelang Merakurak ini sangat cocok sebagai tempat untuk liburan keluarga. Rame-rame di wisata ini pasti sangat asyik. Sambil menyaksikan pemandangan sungai dan taman di sekitarnya pasti sangat asyik. Buat anak muda juga asyik banget untuk nongkrong dan berswafoto. Terdapat berbagai spot foto keren di sana, meski terbuat dari bahan bambu semisal saung dan jembatan, tetapi hasil berfoto selfie di sana cukup bagus loh.

spot foto bagus di wisata pelang merakurak
Photo by @naimahzumrotun26

Bermain di tepi sungai menjadi pilhan yang asyik buat kamu yang belum bisa berenang. Tepai kalau sudah jago berenang, maka bisa menyewa ban pelampung dan langsung saja digunakan untuk mengapung di sungai. Banyak pepohonan hijau yang berada di sekitar sungai, jadi sensasi liburan di sana terasa adem dan nyaman banget.

sensasi berenang di sungai pelang merakurak
Photo by @subiakto69

Buat kaum hawa yang datang ke sana juga pasti cocok kok, sebab ada juga taman bunga yang berwarna-warni di kawasan kebun Sagu dekat dengan pintu masuk. Pastinya panorama taman bunga sangat memanjakan mata dan cakep juga sebagai spot foto selfie.

kebun bunga warna-warni di wisata pelang merakurak
Photo by @annafdztl.15

Ada juga kolam air yang berisi banyak sekali ikan hias. Kamu bisa memberi makan ikan maupun mencoba untuk meletakkan kakimu di kolam ikan tersebut, pasti banyak ikan yang berkumpul di dekatmu. Tentunya ini menjadi pemandangan yang sangat menarik sob.

kolam ikan di wisata pelang merakurak
Photo by @ayu_dyah_lestary

Buat anak tahun 90-an, tempat wisata ini juga bisa menjadi tempat bermain yang asyik. Karena anak 90-an zaman dulu belum begitu mengenal dengan yang namanya gadget, dan kebanyakan masih bermain di alam terbuka, seperti di persawahan dan di sekitaran rawa-rawa maupun di sungai. Coba deh dikunjungi sob, pasti asyik untuk bernostalgia, hehe.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Pelang Merakurak Tuban

Sesuai dengan sebutannya, wisata baru ini lokasinya terletak di Desa Pelang, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dari pusat pemerintahan Tuban, wisata ini hanya berjarak sekitar 15 Km. Akses jalan menuju ke lokasi juga sudah bagus, sebagian besar memang sudah beraspal. Dan kamu bisa berangkat ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ada beberapa pilihan rute yang bisa dipilih sesuai asal daerah masing-masing.

Rute dari Barat: Dari barat sebaiknya melewati jalur pantura, yaitu jurusan Semarang – Tuban. Melewati pesisir desa Bulu terus saja ke timur dan melewati pasar Jenu masih ke timur lagi. Nanti ada pertigaan, silahkan ambil arah ke kanan menuju pasar Merakurak. Setelah itu belok kiri dan mengarah ke timur lagi hingga menemukan sebuah jembatan, silahkan ambil arah ke kanan, dan ikuti jalannya. Nanti di sebelah kiri jalan ada papan petunjuk jalan menuju ke wisata Sungai Pelang.

Rute dari Selatan: Rute dari pertigaan Singahan mengarah ke kecamatan Montong. Lurus terus hingga melewati desa Karo. Ikuti jalannya sampai di pasar Merakurak. Kemudian mengarah ke timur dan tiba di jembatan, ambil arah ke kanan, lurus terus dan di sebelah kiri ada papan petunjuk menuju wisata Sungai Pelang.

Rute dari Timur: Dimulai dari Letda Sucipto menuju ke arah barat hingga sampai di lampu merah. Silahkan ambil arah ke kiri dan ikuti saja jalannya, kemudian ambil arah ke kanan menuju ke pasar Merakurak. Sebelum pasar nanti ada jembatan, silahkan ambil arah ke kiri dan lurus saja. Di sebelah kiri jalan ada papan petunjuk menuju sungai Pelang.

Keterangan: Sebagai ancer-ancer atau patokan, darimanapun karahmu, kamu harus menemukan pasar Merakurak terlebih dahulu. Jika sudah tiba di pasar Merakurak, pasti mudah kok menuju ke lokasi. Kamu juga bisa bertanya alamat pada warga sekitar, atau juga bisa dengan melihat peta Google.

Harga Tiket Masuk Masuk Wisata Pelang Merakurak Tuban

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak dikenai biaya masuk. Tetapi sudah disediakan kotak untuk bayar seikhlasnya. Dan di sana tersedia tempat parkir kendaraan yang cukup luas, dan tarif parkir motor cuma Rp 2.000. Selain wisata baru ini, kamu juga masih punya pilihan lain dengan mengujungi tempat-tempat wisata populer di Tuban, seperti; Alun-alun Tuban, pantai Boom, dan makam sunang Bonang yang merupakan salah satu dari wali songo.

Hobi mengunjungi tempat wisata baru di Indonesia. Jalan-jalan dan hunting foto selfie merupakan aktifitas yang favorit bagi saya.