Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul

Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul selalu menjadi destinasi wisata yang asyik. Bila kamu butuh tempat bersantai yang nyaman dengan suasana perbukitan serta panorama pantai yang eksotis, maka bukit yang berada di kawasan Pantai Parangtritis ini patut untuk kamu kunjungi.

bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/taufiqurhman_

Daerah Istimewa Yogyakarta seperti tak pernah kehabisan referensi tempat wisata. Justri selalu menghadirkan tempat-tempat wisata yang bagus dan memanjakan. Sederet tempat wisata populer bisa dengan mudah kamu temukan di Yogya, misalnya seperti; Malioboro, Candi Prambanan, dan Pantai Parangtritis.

Ada sebuah spot wisata perbukitan yang hits banget di kawasan Pantai Parangtritis, ialah bernama Bukit Paralayang Watugupit. Spot wisata ini menawarkan panorama alam yang sangat ciamik dari atas bukit, dan biasa digunakan sebagai tempat untuk olahraga paralayang. Bila kamu tertarik untuk mencoba bermain paralayang, bisa banget sob. Pasti kamu akan merasakan sensasi serunya olahraga pemicu adrenalin ini.

Wisata Bukit Paralayang Watugupit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan indahnya panorama Pantai Parangtritis dari ketinggian. Tempat ini menjadi tempat favorit untuk menyaksikan panorama sunset di pantai yang sangat eksotis. Selain itu, panorama sunrise pagi juga tampak sangat mempesona. Maka tak heran bila tempat wisata ini selalu menjadi tujuan wisatawan, dan pastinya menjadi spot favorit bagi para penggiat fotografi.

Bukit Paralayang ini berada di kawasan Pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit ini berada di ketinggian 900 Mdpl. Bukit ini menjadi tempat favorit untuk bermain olahraga paralayang. Dulu pada tahun 2014, bukit ini pernah digunakan untuk event paralayang bertaraf nasional.

Dulunya memang hanya sekedar sebagai tempat untuk bermain paralayang. Sebagian kawasan bukit ini masih banyak terdapat rerumputan hijau yang lebat dan belum dikelola dengan baik. Saat ini kondisinya sudah berubah dan jauh berbeda. Dimana kondisinya sangat terawat, dan dilengkapi juga spot-spot untuk bersantai dan berswafoto. Bila kamu pertama kali mendatangi tempat wisata ini pasti merasa kagum dengan suasana dan panoramanya yang sangat mengagumkan.

Bukit ini berada di ketinggian, dan pastinya akses jalan menuju ke lokasi juga berupa jalan tanjakan. Serta terdapat jurang-jurang di sekitar jalan dan bukit paralayang ini. Maka, kamu harus sektra berhati-hati bila berlibur di tempat wisata cakep ini.

Daya Tarik Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul

Buat kamu yang butuh tempat bagus untuk bersantai dan mengisi waktu luang saat hari libur, maka bukit paralayang ini menjadi pilihan yang tepat. Peminat tempat wisata ini cukup banyak, terutama ketika hari libur. Sudah tersedia fasilitas yang memadai, mulai dari tempat parkir, kamar mandi, hingga spot foto. Bukit ini menjadi spot paling bagus untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset Pantai Parangtritis. Berikut penjelasannya;

1. Menyaksikan Indahnya Pantai Parangtritis dari Atas Bukit

pantai parangtritis bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/eka_maidhena

Kalau mengunjungi area pantai langsung mungkin sensasinya sudah terlalu biasa. Tetapi jika berada di atas bukit yang tinggi, dan kamu menikmati pemandangan pantai dengan jangkauan yang lebih luas dari ketinggian, pasti sensasinya berbeda. Pemandangan Pantai Parangtritis tampak sangat mempesona dari ketinggian. Kamu bisa bersantai dan berswafoto di spot dengan angle sebagus ini.

2. Spot Terbaik untuk Menyaksikan Panorama Sunset Pantai Parangtritis

sunset bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/aangardhimas

Buat kamu yang menyukai keindahan saat momen sunrise maupun sunset, maka tempat ini menjadi spot paling bagus. Apalagi kombinasi momen epic tersebut dengan pemandangan Pantai Parangtritis yang indah dan luas. Pesona keindahan alamnya tentu sangat luar biasa untuk kamu nikmati. Kamu pasti puas banget berburu foto di spot wisata ini.

3. Tempat Bersantai yang Nyaman dengan Hembusan Angin yang Menyegarkan

enjoy bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/_meizda

Kamu sedang mencari tempat refreshing yang asyik dan nyaman, maka bukit paralayang ini pas sekali untuk kamu kunjungi. Suasana di tempat ini benar-benar nyaman, hembusan anginnya cukup kencang dan sangat menyegarkan badan. Nikmati suasana nyaman bersama sahabat maupun keluarga, pasti liburan di sini sangat menyenangkan. Apalagi, hamparan bukit ini sudah dibangun cantik dengan material paving block, sehingga membutmu semakin betah berlama-lama di sini.

4. Menikmati Momen Senja yang Syahdu dengan Panorama Lampu yang Menawan

senja bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/yogyakarta

Setelah menikmati panorama sunset, selanjutnya berganti dengan momen senja yang panoramanya semakin ciamik untuk dinikmati. Kamu dapat menyaksikan panorama kerlap-kerlip lampu perumahan penduduk di kawasan Gunung Kidul yang tampak sangat menawan. Panorama yang cantik ini berpadu dengan suasana syahdu di kawasan ini. Menjadikan momen liburan semakin berkesan tentunya.

5. Mencoba Sensasi Serunya Olahraga Paralayang

paralayang bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/aurellia_zerlina

Biasanya para percinta paralayang berkumpul di bukit ini untuk melakukan olahraga paralayang. Kamu juga bisa mencoba serunya olahraga paralayang di tempat ini. Silahkan uji keberanianmu dengan mencoba permainan yang memicu adrenalin ini.

6. Fasilitas Menarik Lainnya

nongkrong bukit paralayang watugupit gunung kidul
Foto: Instagram/hardy_ansyahworld

Tempat wisata bagus ini dilengkapi fasilitas yang cukup memadai, mulai dari area parkir, meja kursi untuk nongkrong, toilet, cafe dan lain-lain. Silahkan datangi tempat ini untuk bisa merasakan nikmatnya suasana perbukitan dan pemandangan pantai yang cantik.

Lokasi Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul

Lokasi wisata bukit indah ini mudah ditemukan, karena letaknya berada di kawasan dekat Pantai Parangtritis dengan jarak 3 Km saja. Adapun jarak dari kota Jogja cuma 30 Km. Alamat detailnya Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Lihat Peta: Google Map

Rute dari Kota Jogja

Dari kota Jogja melewati Jalan Pleret – Pathuk, Kemudian melewati Jalan Imogiri – Jalan Parangtritis. Lanjut melewati Jalan Paralayang di Watu Gajah, kemudian belok kanan menuju Jalan Paralayang.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul

Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk dapat menikmati suasana nyaman khas perbukitan dan panorama alam Pantai Parangtritis yang memanjakan mata. Harga tiket masuknya cuma Rp 10.000/orang. Adapun biaya parkit motor Rp 3.000, dan mobil Rp 5.000.